Strategi Everyone is a Teacher Here

Strategi Everyone is a Teacher Here

Strategi Everyone is a Teacher Here | Kajian yang disusun Ilmukata ini membahas mengenai Pengertian strategi Everyone is a Teacher Here, Manfaat penerapan strategi Everyone is a Teacher Here, Kendala-kendala penerapan strategi Everyone is a Teacher Here, Kelemahan-kelemahan strategi Everyone is a Teacher Here, Kelebihan-kelebihan strategi Everyone is a Teacher Here, Langkah-langkah penerapan strategi Everyone is a Teacher Here. Uraiannya adalah sebagai berikut:

Everyone is a Teacher Here
onnyrudianto.files.wordpress.com
a. Pengertian strategi Everyone is a Teacher Here. Rahman (2008: 6) menjelaskan bahwa strategi Everyone is a Teacher Here merupakan strategi yang memberikan kesempatan pada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai seorang pengajar terhadap peserta didik lain.
b. Manfaat penerapan strategi Everyone is a Teacher Here.Sekarningrum (2011) menjelaskan bahwa manfaat dari penerapan strategi Everyone is a Teacher Here, yaitu:
1) Meningkatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan individual.
2) Mengaktifkan peserta didik.
Rahayu (2011) menjelaskan bahwa manfaat penerapan strategi Semua Orang bisa menjadi Guru, yaitu:
1) Menggali informasi seluas-luasnya baik administrasi maupun akademis.
2) Mengecek atau menganalisis pemahaman siswa tentang pokok bahasan tertentu.
3) Membangkitkan respon siswa.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat penerapan strategi Everyone is a Teacher Here adalah sebagai berikut:
1) Meningkatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual.
2) Mengaktifkan peserta didik.
3) Menggali informasi seluas-luasnya baik administrasi maupun akademis.
4) Mengecek atau menganalisis pemahaman siswa tentang pokok bahasan tertentu.
5) Membangkitkan respon siswa.
c. Kendala-kendala penerapan strategi Everyone is a Teacher Here. Widiyanti (2011) menjelaskan bahwa kendala-kendala penerapan strategi Everyone is a Teacher Here, yaitu:
1) Pertanyaan yang diajukan siswa tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2) Siswa merasa takut ketika tidak bisa menjawab pertanyaan.
d. Kelemahan-kelemahan strategi Everyone is a Teacher Here. Widiyanti (2011) menjelaskan bahwa kelemahan-kelemahan strategi Everyone is a Teacher Here, yaitu:
1) Memerlukan penjelasan materi di awal oleh guru agar soal yang dibuat siswa tidak menyimpang dari tujuan pembelajaran.
2) Membutuhkan waktu yang lama untuk menghabiskan semua pertayaan untuk kelas besar.
e. Kelebihan-kelebihan strategi Everyone is a Teacher Here.Silberman (2009:183) menjelaskan bahwa kelebihan-kelebihan strategi Semua Orang bisa menjadi Guru, yaitu:
1) Mendukung pengajaran sesama siswa di kelas.
2) Menempatkan seluruh tanggung jawab pengajaran kepada seluruh anggota kelas.
Rahayu (2011) menjelaskan bahwa kelebihan-kelebihan strategi Semua Orang bisa menjadi Guru, yaitu:
1) Strategi ini dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa.
2) Strategi ini dapat disesuaikan dengan tujuan pembelajaran pada berbagai mata pelajaran.
3) Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat.
4) Meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis masalah.
5) Meningkatkan kemampuan siswa menuliskan pendapat-pendapatnya.
6) Meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat simpulan.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kelebihan-kelebihan strategi Everyone is a Teacher Here adalah sebagai berikut:
1) Mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran.
2) Melatih siswa untuk bertanggung jawab.
3) Strategi ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran.
4) Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat, menganalisis masalah, dan keterampilan membuat simpulan.
f. Langkah-langkah penerapan strategi Everyone is a Teacher Here. Silberman (2009:183) memaparkan langkah-langkah penerapan strategi Semua Orang bisa menjadi Guru adalah sebagai berikut:
1) Guru membagikan kartu kosong kepada setiap siswa. Guru meminta para siswa menulis sebuah pertanyaan tentang materi pelajaran yang sedang dipelajari.
2) Guru mengumpulkan kartu, mengocok dan membagikan satu pada setiap siswa. Guru meminta siswa membaca diam-diam pertanyaan yang ada pada kartu dan pikirkan satu jawaban.
3) Guru memanggil sukarelawan yang akan membaca dengan keras kartu yang mereka dapat dan menjawab pertanyaan yang diterimanya.
4) Guru meminta kepada siswa yang lain untuk menambahkan jawaban yang diberikan.
5) Guru melanjutkan ke siswa lain bila waktu masih memungkinkan.
Daftar Pustaka dapat dilihat pada Sumber Rujukan,  Strategi Everyone is a Teacher Here